Cara Setting Access Point TP Link TL-WA701ND Pada Perangkat Laptop/PC

Cara setting access point TP link TL-WA701ND - Acces point merupakan device tambahan untuk dapat menikmati layanan hostpot memakai PC. Supaya Anda bisa melakukan setting access point TP link ini, terlebih dulu siapkan peralatan seperti Access point TP-Link TL-WA701ND, perangkat komputer atau laptop untuk melakukan konfigurasi, kabel UTP dan jaringan internet atau ISP DSL modem atau koneksi internet broadband.
cara setting access point tp link tl-wa701nd sebagai repeater,tp link tl wa701nd access point kurulumu,setting access point tp link tl-wr841nd,cara setting access point tp link tl-wa901nd,

Baca juga : Cara Setting Modem D-Link DSL-2730E di PC

Apa saja langkah-langkah yang diperlukan? Berikut ini ulasannya untuk Anda!

  • Pertama-tama nyalakan terlebih dulu Access Point pada aliran listrik, kemudian colokkan kabel UTP pada laptop atau PC menuju Access Point. Bila perangkat pada Access Point Anda dengan kondisi bekas atau Second, maka Anda bisa melakukan reset secara fisik terlebih dulu. Adapun caranya cukup dengan menekan dan tahan bagian lubang kecil di belakang lalu masukkan dan colokkan kabel pada power adaptornya pada keadaan yang masih ditahan bagian tombol reset tersebut, lalu biarkan sampai 10 detik dan lepaskan. Adapun hal ini bertujuan agar dapat mengembalikan settingan Access Point dengan settingan default. Di mana usernya “admin” dan passwordnya “admin dengan IP yang dapat dilihat secara langsung pada Access Point bagian bawah.
  • Kemudian pastikan bahwa kabel UTP telah dalam kondisi terhubung dari Access Point menuju Laptop atau PC kemudian setting IP PC ke dalam 1 subnet memakai IP Access Point. Selanjutnya Anda bisa melakukan test dengan ping menuju ip Access Point tadi.
  • Bila browser sudah di buka, selanjutnya Anda bisa mengetikkan IP Address pada IP Access Point tadi kemudian tekan enter. Selanjutnya, masukkan user beserta password dan tekan login.
  • Jika sudah masuk pada menu Network, di jendela konfigurasi AP (Access Point) Anda bisa memilih bagian jenis static IP kemudian atur IP-nya berdasarkan IP yang diperoleh pada ISP maupun internetnya. Setelah itu, Anda bisa mengganti IP Address pada Access Point ke dalam 1 subnet memakai IP yang ada pada ISP lalu ingat IP Address yang dimasukkan tadi nantinya menjadi IP pada Access Point, lalu pada menu Default Gateway sendiri Anda bisa memasukkan IP Address dari ISP tersebut lalu pilih save kemudian tunggu hingga proses rebootnya beres.
  • Kemudian selanjutnya ganti IP perangkat laptop atau PC ke dalam 1 subnet memakai IP Access Point yang baru. Hal ini bermanfaat supaya Anda dapat masuk menuju konfigurasi pada Access Pointnya kembali. Bila telah berhasil lagi masuk menuju konfigurasi Access Point lewat browser yang sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa tes pingnya tersebut berjalan lancar.
  • Selanjutnya pilih halaman Wireless, kemudian wireless setting lalu pilih bagian operation mode sebagai AP kemudian ubah SSIDnya berdasarkan keinginan. Selanjutnya sisanya Anda biarkan secara otomatis. Bila Anda mau lebih detailnya bisa melakukan setting manual, jika tidak biarkan default kemudian tekan save.
  • Masuk pada menu DHCP, Anda bisa memilih enable di menu tersebut dengan begitu Client pun tak perlu lagi melakukan setting pada IP. Anda bisa menentukan range IP yang hendak di buat. Kemudian isi bagian kolom pada default gateway memakai IP pada ISP berikut kolom DNS menggunakan DNS open maupun IP ISP lalu pilih “save”.
  • Ganti password agar bisa masuk menuju konfigurasi di Access Point pada menu System tools lalu password dan tekan save.
  • Anda bisa melakukan restart Acces Point pada halaman system tools – reboot kemudian tunggu sampai proses dari reboot selesai. Kemudian Anda pun bisa mengetes koneksi pada jaringan yang sudah dibuat memakai laptop atau PC yang terdapat fasilitas Wifinya.
Demikianlah tips cara setting access point TP link TL-WA701ND secara lengkap untuk Anda yang ingin mengaktifkan hotspot gratisan.