Cara Setting PCSX2 0.9.8 di Perangkat Komputer (PC Ataupun Laptop)

Cara setting PCSX2 0.9.8 akan disampaikan pada kesempatan kali ini. Panduan berikut ini ditujukan untuk para gamers PS2 yang ingin memainkan game PS2 menggunakan Laptop ataupun PC. Memainkan game PS2 memang dapat dilakukan dengan menggunakan komputer berkat bantuan Emulator yaitu PCSX2 0.9.8. Emulator tersebut bersifat virtual sehingga Anda tidak harus menggunakan atau membeli mesin PS2. Dalam paket Emulator PS2 tersebut sudah dilengkapi dengan BIOSnya.

Tutorial Konfigurasi PCSX2 0.9.8,Cara Install Dan Konfigurasi Pcsx2 0.9.8,CARA SETTING PCSX 0.9.8 PS2 Emulator,setting PCSX2 0.9.8 NaruGamers Blog,Cara setting dan mengatur Emulator PCSX2,

Baca juga : Berbagi Tips Cara Setting Smart Keyboard Pro di Android

Langsung saja, ini dia cara pengaturan PCSX2 0.9.8 yang dapat Anda ketahui:

1. Download

Downloadlah terlebih dahulu Emulator tersebut, pastikan Anda tidak salah mendownload. Jika Anda mendownload file berbentuk RAR atau ZIP, lakukan ekstraksi yaitu dengan klik kanan file lalu pilih Extract here.

2. Lakukan instalasi

Jika proses ekstraksi sudah selesai, Anda dapat membuka file tersebut. Caranya cukup mudah, klik 2 kali pada file tersebut atau Anda juga dapat mengklik kanan lalu pilih Open. Jika komputer Anda belum pernah dipasang aplikasi tersebut maka Anda akan menemukan tampilan untuk melakukan instalasi. Setelah itu Anda akan menemukan tampilan awal, pilih saja Next untuk melanjutkan proses instalasi.

3. Klik install

Pada halaman berikutnya Anda akan menemukan tampilan Chose Install Location, Anda dapat langsung mengklik Install saja.

4. Jalankan aplikasi

Setelah proses instalasi selesai maka Anda akan menemukan shortcut aplikasi tersebut di layar monitor komputer Anda. Setelah itu klik 2 kali pada shortcut tersebut untuk membuka atau menjalannya. Anda akan menemukan tampilan awal, pilih saja Next pada halaman tersebut.

5. Lakukan pengubahan

Pada tampilan berikutnya Anda akan menemukan tampilan yang berisi beberapa pengaturan. Anda dapat melakukan perubahan, cukup pada GS dan juga CDVD saja. Untuk GS, pilih saja SSE2 atau spek yang paling tinggi agar didukung Processor komputer Anda. Sementara untuk CDVD pilih saja LINUZ ISO CDVD. Selain kedua hal tersebut Anda tidak perlu melakukan pengubahan, lalu klik saja Next.

6. Masukkan BIOS

Pada langkah ini Anda harus memasukkan BIOS, caranya hilangkan tanda centang yang ada pada Use Default Setting. Setelah itu klik Browse, temukan folder BIOS lalu klik dan pilih OK. Jika BIOS sudah terlihat, Anda dapat memilih dan mengklik Finish.

7. Sukses

Jika pengaturan tersebut sudah sukses, Anda akan menemukan tampilan PCSX2 Program Log. Selanjutnya hilangkan tanda centang yang ada pada Show Console. 

Untuk pengaturan Gamepadnya, silakan pilih menu Config lalu Controllers (PAD) lalu klik Plugin Setting. Selanjutnya, klik PAD 1, arahkan kursor menuju pilihan Square lalu klik 1 kali saja. Setelah itu pilih salah satu tombol pada keyboard, contoh A. Cara ini dapat Anda lakukan jika Anda memilih memainkan game PS2 menggunakan keyboard, bukan joystick. Lakukan hal yang sama untuk pilihan lain seperti Triangle, Select, Circle, Start dan lain sebagainya. Pilihlah tombol yang akan membuat Anda merasa nyaman ketika bermain game PS2. Demikian cara setting PCSX2 0.9.8, selamat mencoba.