Cara Setting Kamera Nikon D3000 dan Fitur-Fitur Lengkapnya

Cara setting kamera Nikon D3000 untuk pemula - Nikon D3000 merupakan sejenis kamera DSLR econ bagi para fotografer handal maupun pemula. Meskipun kamera yang satu ini termasuk pada kategori DSLR yang dasar, namun kemampuan serta hasil bidikannya mampu membuat kita merasa puas pastinya bila dikombinasikan pula bersamaan dengan kemampuan fotografi yang baik. Sama halnya dengan kamera DSLR yang lain, Nikon D3000 ini telah didukung oleh fitur standar dari kamera DSLR pada umumnya.
tips setting kamera nikon d3000 lengkap,cara setting kamera nikon d3200,cara setting kamera nikon d90,harga kamera nikon d3000,harga kamera nikon d3000 baru,harga kamera nikon d3000 bekas,

Baca juga : Cara Setting Satelit Palapa D dan Telkom 1 di Receiver Parabola

Pada pilihan menu mode shootnya sendiri dapat dipilih berdasarkan keinginan, seperti mode Auto yang mana pengaturannya sepenuhnya dilakukan berdasarkan kemampuan kamera agar menghasilkan objek gambar yang sempurna, hingga mode M atau manual bila Anda benar-benar menginginkan pengaturan manual. Adapun untuk penggunaan mode manual sendiri direkomendasikan bagi para pengguna yang telah mengerti bagaimana cara menggunakannya. Kamera Nikon D3000 sendiri dilengkapi oleh fitur Optical View Finder yang berfungsi untuk membidik gambar yang hendak di shoot, kemudian hasilnya bisa di review atau dilihat lewat LCD di bagian belakang kamera. 

LCD kamera Nikon D33000 dengan ukuran 3 inci memberikan kenyamanan melihat hasil gambar yang tampak cukup jelas di lihat. Hanya saja kamera D3000 masih belum dilengkapi oleh LiveView, namun dengan fitur Optical View Finder sendiri telah membuat kamera yang satu ini bisa digunakan senyaman kamera DSLR yang lainnya. Bagian sensor CCD dipakai pada Nikon D3000 pada resolusi 10 MP, termasuk ukuran cukup besar sebagai kamera DSLR terutama jika hendak digunakan mencetak foto berukuran besar. Nikon D3000 dilengkapi pula oleh fitur penghilang debu agar bisa meminimalisir debu atau kotoran yang menempel di bagian sensor kamera. 

Kamera D3000 didukung fitur Expeed Images Processor untuk bisa memberikan hasil bidikan lebih sempurna dengan kecepatan pemakaian maksimal. Dalam Nikon D3000 sendiri telah termasuk fitur lensa dari kit Ad-S Nikkon 18-55 mm f/3.5-5.6G VR dengan kelengkapan fitur image stabilizer serta aksesori standar DSLR yang lainnya. Pada kemampuan mengambil gambar dengan continue sendiri dapat mencapai hingga 3 frame per detiknya. Baterai pada kamera DSLR Nikon D3000 yaitu jenis lithium tipe EN-EL9a pada kapasitas 1080 mAh, sangat cocok digunakan untuk sehari-hari. Daya baterai sendiri sangat mempengaruhi berapa banyaknya Anda memakai flash internal dan LCD. Maka dari itu, selalu dianjurkan mempunyai baterai cadangan untuk menghindari masalah yang tak diinginkan. 

Untuk membuat gambar HDR memakai Nikon D3000 sendiri Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama atur penyimpanan gambar berbentuk RAW terlebih dulu.
  • Kemudian ambil gambar sesuka keinginan Anda, ada baiknya di pagi atau sore hari untuk menghasilkan bidikan yang sempurna.
  • Lalu masuk menuju menu ReTouch kemudian RAW Processing lalu pilih gambar.
  • Selanjutnya ubah exposure ke +2 kemudian execute dan kembali lagi menuju langkah ubah exposure 0 dan juga -2. Jika Anda sudah memperoleh 3 gambar pada exposure yang bervariasi maka berikutnya buka adobe photoshop Anda.
  • Selanjutnya klik file lalu bagian Automate kemudian merger to HDR dan menciptakan file HDR memakai Nikon D3000 pun berhasil.
Nah, itulah dia fitur-fitur dan cara setting kamera Nikon d3000 dengan mudah untuk Anda!