Cara Setting HT SMP 328P dan Cara Cloning Settingannya

Cara setting HT SMP 328P sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Jika Anda baru pertama kali memegang HT, mungkin Anda memang mengalami kebingungan. Namun tenang saja, dengan membaca beberapa panduan mungkin Anda akan terbiasa menggunakan HT. HT sendiri merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat praktis. Bagaimana tidak, alat ini hanya menggunakan sistem kerja radio yang mengandalkan sinyal. Dalam wilayah yang sama, Anda dapat berhubungan dengan lebih mudah dan praktis. Tentunya tanpa harus menggunakan pulsa, jauh lebih efisien dan murah.
Cara Setting HT SMP 328P,harga ht smp 328p,manual book ht smp 328p,

Baca juga : Cara Setting IDM di Google Chrome Secara Manual

HT memang tidak dapat dibandingkan dengan HP (Handphone) dalam penggunaannya. Kedua alat komunikasi tersebut memiliki kegunaannya masing-masing. Tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga keduanya digunakan dalam hal yang berbeda. Untuk handphone, penggunaannya lebih universal dan harus menggunakan pulsa. Sementara HT hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan suara dan jaraknya sangat terbatas. 

Berikut ini merupakan kelebihan-kelebihan HT yang dapat Anda ketahui

1. Tanpa pulsa
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa HT tidak memerlukan pulsa untuk penggunaannya.
2. Mudah penggunaannya
Dengan menggunakan HT, Anda dapat berkomunikasi dengan frekuensi yang sama. Anda tidak perlu mengetik nomor telepon seperti jika Anda menggunakan HP.
3. Tidak terpengaruh cuaca
Berbeda dengan HP yang sangat dipengaruhi oleh cuaca, HT tetap dapat digunakan secara maksimal walaupun cuaca sedang buruk.
4. Cocok untuk koordinasi acara
HT sangat cocok digunakan untuk koordinasi acara, karena dapat terhubung secara cepat.
5. Bersifat sementara
HT bersifat sementara yang artinya frekuensi dalam HT dapat diganti, Anda dapat menggantinya sesuai kebutuhan.

Walaupun begitu, HT tetap memiliki kekurangan terutama pada desainnya yang sangat klasik. Bentuknya yang besar juga memerlukan tempat penyimpanan yang ekstra, tidak seperti HP yang umumnya sudah memiliki desain mini. Untuk HT SMP 328P, HT ini merupakan salah satu produk dari Motorola. SMP sendiri merupakan singkatan dari Shanghai Motorola Product, produk ini sangat laris manis di pasaran. Kelebihan HT SMP 328P dibanding HT-HT lainnya yaitu dilengkapi dengan radio FM. Jadi pengguna tidak hanya dapat menggunakannya sebagai alat komunikasi tetapi juga dapat mendengarkan radio.

Untuk pengaturan frekuensi pada HT SMP 328P sendiri tidak jauh berbeda dengan pengaturan HT asal Motorola lainnya. Jika Anda memiliki HT SMP 328P dalam jumlah yang banyak, tentu akan mengalami kesulitan jika harus melakukan setting satu per satu. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan cloning. Caranya cukup mudah, namun Anda harus menyediakan kabel khusus agar dapat melakukan cloning. Anda dapat membuat sendiri kabel tersebut atau membeli yang sudah siap pakai. 

Jika sudah menyediakan kabel, ikuti langkah berikut:

1. Hubungkan kabel
Untuk mengcloning settingan pada HT SMP 328P, hubungkan kabel dengan HT. Masukkan colokan kabel ke dalam colokan (untuk headset) yang ada pada HT tersebut, masukkan dua-duanya.
2. Hidupkan HT
Langkah berikutnya yaitu hidupkan HT yang ingin dicloning. HT yang akan dicloning adalah HT yang belum disetting.
3. Lakukan cloning
Anda harus menyediakan 1 HT yang sudah disetting untuk dijadikan master. Setelah itu dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Mon pada HT master tersebut. Setelah itu hidupkan HT lalu akan muncul teks “Clone”, Anda dapat menekan Fun lalu proses cloning akan berjalan. Jika proses cloning berhasil dan selesai dilakukan maka akan muncul pesan Success. 

Itulah cara mudah melakukan cloning settingan untuk HT SMP 328P. Cara ini tentu sangat membantu Anda yang memiliki HT tersebut dalam jumlah banyak dan harus menyetelnya dengan settingan yang sama. Anda dapat menghemat tenaga dan juga waktu Anda, tidak perlu melakukan setting satu per satu. Demikian cara setting HT SMP 328P yang dapat disampaikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.